This image has an empty alt attribute; its file name is Picture1.png

PERATURAN DAN TATA TERTIB

UNIVERSITAS IBRAHIMY SUKOREJO SITUBONDO

NOMOR : 007/A.01/i-Library/II/2019

  1. Umum

Civitas Akademika Universitas Ibrahimy berhak memanfaatkan sumber informasi dan fasilitas perpustakaan dengan menunjukkan Kartu Anggota. Anggota utama perpustakaan adalah:

Mahasiswa

Setiap mahasiswa dapat menjadi anggota perpustakaan dengan mendaftarkan diri pada saat registrasi mahasiswa baru, dengan syarat-syarat yang telah ditentukan. Masa keanggotaan mahasiswa adalah 3 tahun untuk mahasiswa D3, 4 tahun untuk S1 dan 2 tahun untuk S2. Biaya pendaftaran keanggotaan perpustakaannya sudah termasuk dalam biaya pendaftaran mahasiswa baru.

Dosen dan Karyawan

Dosen dan karyawan di lingkungan Universitas Ibrahimy dapat menjadi anggota perpustakaan dengan mengajukan diri untuk menjadi anggota perpustakaan dengan datang langsung ke perpustakaan dengan membayar biaya pendaftaran Rp. 20.000,- untuk masa keanggotaan selama menjadi dosen.

  1. Masyarakat umum dapat memanfaatkan sumber informasi dan fasilitas perpustakaan dengan memenuhi persyaratan:
  2. Alumni, menunjukkan kartu alumni Universitas Ibrahimy.
  3. Mahasiswa Universitas Ibrahimy wajib menunjukkan Kartu Tanda Anggota (KTA) Perpustakaan Universitas Ibrahimy.
  4. Siswa, Mahasiswa Perguruan Tinggi lain dan Masyarakat umum, dikenai biaya pendaftaran keanggotaan Perpustakaan Universitas Ibrahimy sebesar Rp. 20.000,- (dua puluh ribu rupiah) untuk masa keanggotaan 3 tahun.
  • Jam Buka dan Jam Layanan

Untuk melayani para anggotanya, Perpustakaan Universitas Ibrahimy buka setiap hari kecuali hari besar islam dan pelaksanaan kegiatan-kegiatan kepesantrenan lainnya. Jam buka perpustakaan dibagi menjadi tiga shif:

  • Jum’at : Pukul 08.00 – 10.00 WIB. (Khusus Mahasiswi)
  • Sabtu – Kamis : Pukul 13.00 – 16.30 WIB.

Pukul 20.00 – 23.00 WIB.  

  • Layanan Perpustakaan

Adapun layanan yang disediakan oleh Perpustakaan Universitas Ibrahimy meliputi:

  1. Layanan Administrasi

Layanan tata usaha bertujuan untuk mengatur segala sirkulasi dalam bidang pengurusan administrasi kepegawaian serta mengatur  keluar masuknya surat pada institusi perpustakaan. Layanan ketata-usahaan meliputi:

  • Administrasi Persuratan
  • Pendaftaran dan Perpanjangan Keanggotaan
  • Layanan Scan Plagiasi
  • Layanan Sirkulasi

Layanan sirkulasi bertujuan untuk memungkinkan pemakai menggunakan bahan pustaka secara tepat, memungkinkan perpustakaan mengetahui siapa peminjam buku dan menjamin kembalinya bahan pustaka dan mendapatkan data kuantitatif peminjaman di perpustakaan. Layanan sirkulasi Perpustakaan Universitas Ibrahimy meliputi:

  • Peminjaman Koleksi
  • Pengembalian Koleksi
  • Layanan Rental

Layanan rental komputer dapat diakses pada ruang komputer. Perpustakaan Universitas Ibrahimy menyediakan akses rental untuk kepentingan tugas perkuliahan. Pada layanan ini disediakan 10 unit komputer untuk putra dan 15 unit komputer  untuk putri.

  • Layanan OPAC dan Jurnal Online

Layanan ini menyediakan untuk mempermudah pemustaka mencari koleksi yang tersedia di perpustkaan Universita Ibrahimy serta untuk mempermudah penelusuran jurnal online yang telah dilanggan oleh Universitas maupun Kemenristekdikti.

  • Layanan Fotokopi dan Penjilidan

Layanan fotokopi disediakan untuk semua pengguna perpustakaan. Bagi pengunjung yang berminat memfotokopi referensi yang tersedia juga disediakan layanan penjilidan. Harga fotokopi perlembarnya ditetapkan berdasarkan harga yang berlaku di pasaran.

  • Layanan Penitipan Tas/Barang

Layanan ini disediakan untuk menjamin keamanan dan kenyamanan setiap pengunjung perpustakaan atas barang-barang yang tidak boleh dibawa serta masuk ke perpustakaan.

  • Tata Tertib Perpustakaan
  • Tata Tertib Umum
  • Setiap pengunjung harus membawa dan menunjukkan Kartu Tanda Anggota (KTA) kepada petugas di pintu masuk dan atau melakukan sendiri pengabsenan secara digital dengan menscan barcode pada Kartu Tanda Anggota (KTA) ke barcode scanner yang ada di pintu masuk perpustakaan.
  • Pengunjung wajib berpakaian rapi dan sopan. Tidak diperkenankan mamakai jaket, jas, sweater, membawa serban, sajadah, tas, map, kotak, makanan dan minuman atau sejenisnya.
  • Setiap pemustaka wajib menitipkan barang bawaan (tas, jaket, jas, map, tas laptop, serban, sajadah) kepada petugas di loby perpustakaan. Perpustakaan tidak bertanggungjawab atas kehilangan barang berharga selama pemustaka berada di perpustakaan, maka kami harap barang berharga (uang, perhiasan, laptop dll.) harus dibawa.
  • Pengunjung wajib dapat menjaga sendiri barang-barang berharga yang dibawanya dengan tidak meninggalkannya di tempat penitipan barang. Perpustakaan tidak bertanggungjawab atas kehilangan barang-barang berharga tersebut.
  • Pengunjung wajib menjaga, memelihara dan tidak merusak (menyobek, menggunting atau melipat) segala koleksi berbentuk buku dan menjaga serta memelihara fasilitas umum yang terdapat di Perpustakaan Universitas Ibrahimy.
  • Penunjung wajib menjaga kenyamanan dan ketertiban sehingga tidak mengganggu pengunjung lain.
  • Pengunjung tidak boleh menggunakan fasilitas dan koleksi perpustakaan di luar ketentuan yang telah ditentukan.
  • Tata Tertib Administrasi
  • Pendaftaran Anggota
  • Menyerahkan kartu identitas yang berlaku (KTP/SIM, KTS/UTAP bagi santri aktif)
  • Mengisi formulir online dipandu petugas
  • Membayar biaya pendaftaran sebesar Rp. 20.000,-
  • Perpanjangan keanggotaan dapat dilakukan dengan menunjukkan Kartu Tanda Anggota (KTA) lama dan membayar biaya administrasi Rp. 5.000,-
  • Pengajuan surat keterangan bebas tanggungan perpustakaan

Untuk mengikuti ujian akhir semester atau ujian skripsi/tesis (munaqasah) dan wisuda, mahasiswa harus menunjukkan surat keterangan bebas tanggungan dari Perpustakaan Universitas Ibrahimy dengan syarat dan ketentuan sebagi berikut:

  1. Untuk mahasiswa yang akan mengikuti ujian semester, [1]. mengembalikan semua tanggungan peminjaman dan membayar seluruh denda yang dikenakan pada peminjam sesuai aturan yang berlaku.
  2. Untuk pendaftaran wisuda disemua program studi, [1]. mengembalikan semua tanggungan peminjaman dan membayar seluruh denda yang menjadi tanggungannya. [2]. menyerahkan file tugas akhir/skripsi/tesis dalam bentuk *.PDF yang telah ter-enkripsi menggunakan CD (compact disk) maupun flashdisk. (kriteria diatur tersendiri)
  3. Pengajuan scan plagiasi. (diatur tersendiri)
  • Tata Tertib Sirkulasi

Syarat dan Ketentuan Peminjaman

  • Peminjam adalah mahasiswa, dosen atau karyawan Universitas Ibrahimy Sukorejo Situbondo yang terdaftar sebagai anggota perpustakaan.
  • Peminjam harus membawa dan menyerahkan sendiri (tidak boleh diwakilkan) KTM atau KTA (yang masih berlaku) kepada petugas setiap kali peminjaman.
  • Jumlah peminjaman dikategorikan sebagai berikut: [1] Mahasiswa D3 sebanyak 3 eksemplar buku, [2] Mahasiswa S1 sebanyak 5 eksemplar buku, [3] Mahasiswa S2 sebanyak 8 eksemplar buku, [4] Dosen sebanyak 10 eksemplar buku.
  • Peminjaman hanya dapat dilakukan selama mesin fotokopi yang disediakan perpustakaam mengalami kendala/tidak dapat digunakan, Lama peminjaman maksimal adalah 1 × 24 jam tanpa perpanjangan.
  • Koleksi yang dapat dipinjam dan dibawa pulang adalah koleksi umum/text book dan fiksi.
  • Setiap transaksi peminjaman akan dicatat dalam pangkalan data secara otomatis oleh komputer.

Syarat dan Ketentuan Pengembalian

  • Peminjam wajib mengembalikan sebelum batas maksimal waktu peminjaman berakhir.
  • Peminjam diharapkan datang sendiri dengan membawa dan menyerahkan Kartu Tanda Anggota (KTA) berserta buku yang dipinjam.
  • Setiap transaksi pengembalian akan dicatat dalam pangkalan data secara otomatis oleh komputer.
  • Tata Tertib Layanan Rental Komputer
  • Layanan rental komputer dapat dimanfaatkan untuk mengerjakan tugas kuliah khusus mahasiswa Universitas Ibrahimy Sukorejo Situbondo yang terdaftar sebagai anggota perpustakaan dengan biaya Rp. 2000,- per shif.
  • Pengguna dapat menggunakan secara berkelompok (maksimal 3 orang untuk 1 unit komputer).
  • Perpustakaan menyediakan printer untuk pencetakan tugas dengan membayar biaya pencetakan sesuai ketentuan yang berlaku pada umumnya.
  • Pengguna tidak diperkenankan mengubah setting program pada komputer atau menggunakan fasilitas komputer di luar ketentuan yang telah ditetapkan.
  • Tata Tertib Layanan Fotokopi
  • Pengguna yang ingin memfotokopi suatu buku hendaknya tetap mempertimbangkan ketentuan undang-undang Hak Atas Kekayaan Intelektual.
  • Pengguna menulis halaman berapa saja yang akan difotokopi pada form fotokopi yang telah disediakan
  • Dilarang melipat lembaran dan atau mencoret buku koleksi perpustakaan.
  • Sanksi dan Denda
  • Meminjamkan Kartu Tanda Anggota (KTA) kepada orang lain untuk akses layanan perpustakaan akan diberi sanksi pencabutan hak akses (tidak boleh masuk) ke perpustakaan selama 1 bulan dan dikenakan denda Rp. 5.000,- 
  • Menggunakan Kartu Tanda Anggota (KTA) atau Kartu Tanda Mahasiswa milik orang lain untuk akses layanan perpustakaan akan diberi sanksi pencabutan hak akses (tidak boleh masuk) ke perpustakaan selama 1 bulan dan dikenakan denda Rp. 5.000,-
  • Denda keterlambatan pengembalian koleksi adalah Rp. 500,- per hari.
  • Denda penghilangan nomor penitipan barang sebesar Rp. 5.000,-
  • Menghilangkan atau merusak buku yang dipinjam akan dikenai sanksi berupa:
  • Mengganti buku yang sama (baik judul dan edisinya) atau buku dengan judul lain yang ditetapkan oleh perpustakaan dengan waktu paling lambat 2 (dua) minggu sejak tanggal lapor kehilangan dan belum diperhitungkan denda.
  • Jika tenggang waktu 2 (dua) minggu belum terpenuhi, peminjam akan dikenakan kewajiban membayar denda sesuai dengan peraturan yang berlaku.
  • Membayar biaya pengolahan buku sebesar Rp. 20.000,- per judul.
  • Sebelum sanksi terpenuhi peminjam tidak diijinkan meminjam buku.
  • Membawa koleksi keluar perpustakaan tanpa mengikuti prosedur yang ditetapkan:
  • Civitas Akademica Universitas Ibrahimy Sukorejo Situbondo
  • Dilaporkan pada dekan dan rektor serta wajib mengembalikan buku yang dibawa keluar.
  • Tidak diijinkan pinjam buku selama 3 bulan.
  • Masyarakat Umum
  • Dilaporkan pada pimpinan lembaga yang bersangkutan wajib mengembalikan buku yang dibawa keluar.
  • Dicabut hak keanggotaan selama 1 semester.
  • Perusakan atau pencurian koleksi dan fasilitas perpustakaan akan dikenai sanksi berupa:
  • Denda sebesar 3 kali lipat harga koleksi atau fasilitas yang dirusak atau dicuri
  • Pencabutan hak keanggotaan selama 1 tahun
  • Pembuatan pernyataan permohonan maaf tertulis yang ditujukan kepada perpustakaan, rektor, kepala bidang pendidikan tinggi dan Pengasuh Pesantren.

Mengetahui/Menyetujui, Sukorejo, 6 Februari 2019

Rektor, Kepala Perpustakaan,

Prof. Dr. H. A. Yasid, MA., LL.M. H. Najib, M. Pd.I.

 Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo Situbondo pada tanggal 14 Maret 1968 mendirikan suatu lembaga Pendidikan Tinggi dengan nama Universitas Ibrahimy. Pada awalnya hanya dibuka satu fakultas, yaitu Fakultas Syari’ah dan baru mendapat status Diakui pada tanggal 1 Pebruari 1972 dengan SK Menag. RI. Nomor 10 Tahun 1972.

Dalam perkembangannya pada tanggal 25 Juli 1988, Universitas Ibrahimy berubah nama menjadi Institut Agama Islam Ibrahimy berdasarkan surat edaran dari Dirjen Bimas Islam Departemen Agama RI. Nomor E.III/PP.009/A.2/3041/88, tentang perubahan nama PTAIS dan penetapan jurusan.

Sebagai Perguruan Tinggi yang bernaung di bawah Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo IAI Ibrahimy tidak dapat dilepaskan dari visi, misi dan tujuan penyelenggaraan Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo. Oleh sebab itu, setiap lulusan Perguruan Tinggi Ibrahimy selain dibekali dengan kompetensi keilmuan, juga diwajibkan memiliki tiga kompetensi kepesantrenan yaitu : kemampuan membaca Al-Qur’an dengan baik, memahami kitab kuning sesuai dengan jenis dan tingkat keahliannya dan Ahklakul Karimah.

Saat ini, Institut Agama Islam Ibrahimy telah memiliki tiga fakultas, yaitu; Fakultas Syari’ah, Fakultas Tarbiyah, Fakultas Dakwah dan Program Pascasarjana, yang kesemuanya telah ter-AKREDITASI BAN PT DEPDIKNAS. Mulai tahun 2008 sampai tahun 2014, IAI Ibrahimy oleh Kementerian Agama RI dipilih dan ditetapkan sebagai Center of Excellence PTAIS di Indonesia dalam bidang Kajian Fiqh Klasik dan Kontemporer. dan pada tahun 2011 program Pascasarjana IAI Ibrahimy Sukorejo juga mendapat kepercayaan dari Kementerian Agama RI untuk menjadi pelaksana dan pengelola Beasiswa Study lanjut (S.2) program Kader Ulama’.

Visi

Menjadi Perguruan Tinggi Islam terkemuka dalam melahirkan sarjana-sarjana generasi muslim khaira ummah ala ahlussunnah wal jama’ahParagraphParagraph

MisiMengembangkan Manajemen pendidikan tinggi, penelitian dan pengabdian masyarakat yang transparan, akuntabel, inovatif dan efektifMengantarkan mahasiswa memiliki kemantapan akidah, kedalaman spiritual, keluhuran akhlaq, keluasan ilmu dan kematangan profesionalMemberikan pelayanan terhadap penggali dan pengembang ilmu pengetahuan, teknologi, dan budayaMembiasakan mahasiswa berfikir ilmiyah, kritis, mandiri, peduli terhadap lingkungan sosial dan berwawasan globalMengembangkan keteladanan dalam kehidupan sehari-hariatas dasar nilai-nilai Ahlussunnah Wal Jamaah dan budaya bangsa Indonesia

 Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo Situbondo pada tanggal 14 Maret 1968 mendirikan suatu lembaga Pendidikan Tinggi dengan nama Universitas Ibrahimy. Pada awalnya hanya dibuka satu fakultas, yaitu Fakultas Syari’ah dan baru mendapat status Diakui pada tanggal 1 Pebruari 1972 dengan SK Menag. RI. Nomor 10 Tahun 1972.

Dalam perkembangannya pada tanggal 25 Juli 1988, Universitas Ibrahimy berubah nama menjadi Institut Agama Islam Ibrahimy berdasarkan surat edaran dari Dirjen Bimas Islam Departemen Agama RI. Nomor E.III/PP.009/A.2/3041/88, tentang perubahan nama PTAIS dan penetapan jurusan.

Sebagai Perguruan Tinggi yang bernaung di bawah Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo IAI Ibrahimy tidak dapat dilepaskan dari visi, misi dan tujuan penyelenggaraan Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo. Oleh sebab itu, setiap lulusan Perguruan Tinggi Ibrahimy selain dibekali dengan kompetensi keilmuan, juga diwajibkan memiliki tiga kompetensi kepesantrenan yaitu : kemampuan membaca Al-Qur’an dengan baik, memahami kitab kuning sesuai dengan jenis dan tingkat keahliannya dan Ahklakul Karimah.

Saat ini, Institut Agama Islam Ibrahimy telah memiliki tiga fakultas, yaitu; Fakultas Syari’ah, Fakultas Tarbiyah, Fakultas Dakwah dan Program Pascasarjana, yang kesemuanya telah ter-AKREDITASI BAN PT DEPDIKNAS. Mulai tahun 2008 sampai tahun 2014, IAI Ibrahimy oleh Kementerian Agama RI dipilih dan ditetapkan sebagai Center of Excellence PTAIS di Indonesia dalam bidang Kajian Fiqh Klasik dan Kontemporer. dan pada tahun 2011 program Pascasarjana IAI Ibrahimy Sukorejo juga mendapat kepercayaan dari Kementerian Agama RI untuk menjadi pelaksana dan pengelola Beasiswa Study lanjut (S.2) program Kader Ulama’.

Visi

Menjadi Perguruan Tinggi Islam terkemuka dalam melahirkan sarjana-sarjana generasi muslim khaira ummah ala ahlussunnah wal jama’ah

MisiMengembangkan Manajemen pendidikan tinggi, penelitian dan pengabdian masyarakat yang transparan, akuntabel, inovatif dan efektifMengantarkan mahasiswa memiliki kemantapan akidah, kedalaman spiritual, keluhuran akhlaq, keluasan ilmu dan kematangan profesionalMemberikan pelayanan terhadap penggali dan pengembang ilmu pengetahuan, teknologi, dan budayaMembiasakan mahasiswa berfikir ilmiyah, kritis, mandiri, peduli terhadap lingkungan sosial dan berwawasan globalMengembangkan keteladanan dalam kehidupan sehari-hariatas dasar nilai-nilai Ahlussunnah Wal Jamaah dan budaya bangsa Indonesia